Masjid Raya Baiturrahman

Mesjid Baiturrahman
     Mesjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh.
    Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, kemudian pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya.
      Masjid Raya Baiturrahman  ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968).
        Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut.

Acehnese Translation

Meuseujid Raya Baiturrahman

     Meuseujid Raya Baiturrahman nakeuh meuseujid raya Aceh nyang na di Banda Aceh. Meuseujid nyoe phon that geupeudong bak jameuen Soleutan Eseukanda Muda. Na cit nyang kheun meuseujid nyoe ka away na yoh masa Keurajeuen Darussalam.

       Meuseujid nyang na jinoe nakeuh kon atra aseuli le sabab ka jitet le Olanda bak thon 1873. Meuseujid atra jinoe nakeuh atra jipeugot le Olanda bak thon 1879 ateueh prentah Jeundran Karel van der Heijden.

Sumber : Wikipedia

0 comments:

Copyright © 2014 Atjeh OnLine®.